Agar Rumah Selalu Rapi

Rumah mencerminkan pemiliknya. Entah anda seorang dokter, pengusaha ataupun eksekutif muda yang sibuk dengan rutinitas perkotaan, anda memiliki style tersendiri yang mungkin berbeda dan unik dari orang lain.
Setelah seharian penuh disibukkan dengan tugas-tugas rutin, rumah dapat dijadikan tempat pelarian dari segala kepenatan. Caranya adalah dengan menata rumah agar mempunyai style yang cocok dengan jiwa kita, sehingga ketika sampai di rumah, anda tahu inilah kediaman anda, bukan lagi “tugas” baru yang harus dikerjakan.
Jika rumah anda senantiasa berantakan, dan anda kerap kali kehilangan benda-benda, anda dapat dikategorikan mempunyai rumah yang tidak rapi. “Rapi” bukan berarti benda-benda anda tidak kelihatan dan tidak tahu ada dimana, namun “Rapi” berarti terorganisir, bahwa setiap benda mempunyai tempat penyimpanannya masing-masing.

Untuk anda yang mencari solusi agar rumah tetap rapi, anda bisa menyimak tips berikut ini :

Sisihkan waktu pada saat weekend untuk menyeleksi benda-benda yang anda miliki. Sekitar 70% dari benda yang kita miliki biasanya merupakan benda yang tidak kita butuhkan. Apakah anda membutuhkan baju seragam olahraga anda ketika SMP? Apakah anda membutuhkan alat olahraga yang sudah berdebu karena sudah tidak dipakai lagi selama 3 tahun? Tanyakan dan jawab dengan jujur untuk setiap benda yang anda miliki. Benda yang tidak pernah dicari-cari dalam kurun waktu 6 bulan adalah benda yang patut dibuang atau disumbangkan.

Setelah anda mengumpulkan benda yang benar-benar anda butuhkan, kini saatnya menentukan dimana benda tersebut akan disimpan. Caranya adalah dengan mengkategorikan benda-benda tersebut berdasarkan tempat penggunaannya. Misalnya, peralatan dapur dikumpulkan di dapur, buku-buku dikumpulkan di ruang kerja, CD musik dan DVD pada ruang keluarga. Jika tidak mempunyai ruangan khusus, ada baiknya anda mulai menyisihkan sudut-sudut tertentu untuk mengelompokkan kegiatan anda di rumah.

Mulailah menata ruangan demi ruangan di rumah anda. Temukan tempat-tempat yang ideal untuk penyimpanan di setiap ruangan. Banyak sudut-sudut yang bisa “disulap” menjadi tempat penyimpanan. Misalnya, di bawah tempat tidur pada kamar tidur anda, di atas meja kerja masih bisa dibuatkan kabinet penyimpanan yang menggantung di dinding, di bawah washtafel juga dapat dibuat kabinet untuk menyimpan produk pembersih, bahkan jika anda memesan secara khusus, di sofa anda pun dapat dibuat sebuah tempat penyimpanan rahasia yang space-nya lumayan besar.

Tentukan bentuk tempat penyimpanan pada setiap ruangan berdasarkan benda yang ingin disimpan. Jika bendanya besar, anda cukup menyimpan dalam kabinet, tetapi jika bendanya berukuran kecil, anda mungkin membutuhkan tempat penyimpanan berupa laci-laci. Kalau bendanya kecil sekali, pada laci-laci anda membutuhkan “drawer organizer” atau penyekat laci. Banyak dijual dipasaran dengan bahan acrylic atau plastik.

Anda tidak perlu kehilangan benda-benda di sekitar rumah lagi. Selamat menata rumah!

( disadur dari : interiorrumah.wordpress.com )

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s